Pilihan Bahasa ID | EN

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include() [function.include]: Failed opening 'menu2.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php')

Filename: core/header.php

Line Number: 73

Tanggal : 2014-10-23 04:40:20

Penyempurnaan Web Portal Kota Tangerang Selatan

Minggu, 4 Maret 2012 | 18:30 WIB

a

Pada era keterbukaan informasi yang dilandasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik atau lebih dikenal dengan UU KIP, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya untuk membuka kran informasi kepada masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku. Salah satu upaya tersebut adalah penyempurnaan data atau informasi mengenai Pemerintah Daerah melalui penyajian informasi pada media Web portal Kota Tangerang Selatan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan memilih Web Portal karena dilandasi semangat pengisian informasi yang dinamis. Dinamis dalam arti data atau informasi akan terus di up-date secara berkala dan menyajikan juga informasi dalam bentuk pemberitaan dari kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) pada Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan yang memegang tanggung jawab mengelola Web Portal Pemerintah Kota Tangerang Selatan, terus berinovasi dan berkreasi dalam rangka memberi kepuasan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai Kota Tangerang Selatan. BPTI menyadari bahwa upaya menggali informasi yang terdapat pada 36 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bukan merupakan pekerjaan sederhana. Hal tersebut mengingat SKPD memiliki kesibukan dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Menyikapi hal tersebut, BPTI menyusun dan mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menggali informasi untuk kemudian menyajikan dalam Web Portal Kota Tangerang Selatan. Upaya tersebut dimulai dengan menggelar rapat koordinasi pada Tanggal 9 Februari 2012, dengan menghadirkan para Sekretaris SKPD dengan agenda utama membahas item-item informasi yang dibutuhkan untuk menyempurnakan Web Portal Kota Tangerang Selatan.

Upaya menyempurnakan Web Tangsel tentunya sangat memerlukan dukungan dari Pimpinan karena menyangkut mobilisasi arus informasi yang menjadi kewenangan Pimpinan SKPD. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Wakil Walikota Tangerang Selatan - Drs. H. Benyamin Davnie dan Assisten Ekonomi dan Pembangunan Setda – Drs. H. Ahadi. Dalam arahannya Wakil Walikota menegaskan tentang arti penting pelayanan informasi kepada masyarakat dan konsekuensi yang mungkin akan timbul apabila arus informasi atau komunikasi tersumbat antara Pemerintah dan warganya.

“Saya harap penyempurnaan Web Tangsel ini harus segera dilakukan. Hari Senin sudah ada progress. (rapat pada waktu itu dilaksanakan pada Hari Kamis).” Demikian pinta Wakil Walikota kepada seluruh Peserta rapat.

Hasil kesepakatan dalam rapat koordinasi tersebut untuk kemudian dituangkan dalam Surat edaran yang langsung ditandatangani Walikota Tangerang Selatan – Hj. Airin Rachmi Diany. Dalam Surat tersebut diminta kepada seluruh Kepala SKPD untuk bersama-sama membangun Web Portal Kota Tangerang Selatan (Web Tangsel) dengan cara memberikan informasi yang dimiliki oleh SKPD dan memberikan keterangan pers mengenai kegiatan yang dilakukan kepada BPTI untuk selanjutnya di upload ke Web Tangsel. Upaya menyempurnakan Web Tangsel tidak berhenti sampai di situ, tetapi terus berlanjut dengan menggelar rapat koordinasi dengan agenda updating data pada Tanggal 1 - 2 Maret 2012 di Puncak - Bogor. Setiap SKPD yang diundang diharuskan membawa data dalam bentuk file untuk langsung di upload ke Web Tangsel.

Rapat koordinasi terakhir membawa hasil yang cukup menggembirakan, karena data atau informasi yang dibutuhkan untuk menyempurnakan Web Tangsel, lebih kurang 80% telah terpenuhi. Pada saat ini, data-data tersebut sedang diolah untuk secepatnya di upload ke Web Tangsel. Sementara itu SKPD yang masih belum sempurna memberikan data / informasi telah berkomitmen akan menyusulkan data tersebut ke BPTI Setda Kota Tangerang Selatan.<br />
Dalam upaya meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat, Web Tangsel juga menyiapkan media interaktif dengan masyarakat. Saat ini media interaktif yang akan segera berjalan secara efektif adalah sms center. Melalui media sms center, masyarakat dari berbagai kalangan dapat dengan mudah menyampaikan saran, masukan, infromasi, atau keluhan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sms tersebut setelah melalui proses klarifikasi akan ditayang dalam Web Tangsel. Sms yang memuat sesuatu yang tidak konstruktif seperti hujatan, tidak terkait dengan pelayanan Pemerintah Daerah, promosi, dan sebagainya tidak akan ditayangkan dalam Web Tangsel.Sms yang memerlukan jawaban atau tanggapan, oleh BPTI akan dikirim kepada SKPD terkait melalui email. Setiap peserta utusan SKPD pada rapat koordinasi di Puncak telah dipandu untuk membuat alamat email SKPD-nya masing-masing dengan kosekuensi agar secara berkala membuka email-nya untuk antisipasi apabila BPTI akan mengirim sms masyarakat yang memerlukan jawaban atau tanggapan.
Dalam upaya penyempurnaan Web portal Tangsel, BPTI telah merencanakan juga pembuatan media-media lainnya yang dalam Tahun ini akan segera direalisasikan seperti pembuatan peta digital, e-library, dan e-forum. Dalam kaitan penyelenggaraan Web, BPTI perlu juga melakukan langkah koordinasi dalam rangka penertiban dan penyusunan pola pembuatan web yang sekarang telah banyak dilakukan oleh SKPD. Web yang bangun oleh SKPD pada umumnya menggunakan domain yang bukan milik Pemerintah. Banyak SKPD yang membangun web dengan domain .com (baca ; dot kom), .net (dot net), .info (dot info), dan sebagainya. Padahal ketentuan yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, mengatur bahwa web milik Pemerintah harus menggunakan domain .go.id (dot go dot id) yang mengandung arti government Indonesia.

Copyright © 2011
Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Dilindungi oleh Undang-undang.
Dikelola oleh Bagian Pengelola Teknologi Informasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan.
Email:info@tangerangselatankota.go.id