Wujudkan Tandon Ciater Sebagai Destinasi Unggulan Wisata, Dinas Pariwisata Gelar Festival.


SERPONG, WEB TANGSEL - Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan untuk pertama kalinya menyelenggarakan Festival Tandon Ciater sebagai destinasi wisata baru. Bukan hanya masyarakat sekitar saja yang turut hadir, namun wisatawan mancanegara seperti Vietnam dan Jepang pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pada hari sabtu(13/5) sampai dengan hari minggu(14/5).

Pelaksana Tugas(Plt.) Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Chaerudin mengatakan, sebanyak 15 wisatawan asing dari Vietnam dan 5 turis asal Jepang ikut menampilkan atraksi pencak silat dari negaranya masing-masing.

"Mereka datang karena tertarik dengan budaya kita ini. Makanya target kita bukan hanya wisatawan nasional saja yang datang kesini, tapi juga internasional," ujarnya, Minggu (14/5).

Dirinya juga berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Tangsel, menjadi destinasi unggulan di Tangsel, meningkatkan PAD kota Tangsel dan terfasilitasinya para seniman untuk berekspresi dalam pagelaran seni budaya.

Selain atraksi dari wisatawan Vietnam dan Jepang, ada juga tarian anggrek, atraksi silat dari 80 padepokan dan lenong sebagai kebudayaan masyarakat Betawi yang memeriahkan Tandon Ciater hingga malam hari.

 

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengungkapkan akan ada kawasan pertanian terpadu di sekitar Tandon Ciater yang akan menjadi destinasi wisata selanjutnya. Kemudian, ia juga meminta kepada dinas terkait agar menambah spot foto di sekitar Tandon Ciater.

"Supaya masyarakat senang kesini untuk berfoto-foto. Tapi saya juga berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan semoga ini juga menjadi bentuk silahturahmi dan tempat pertemuan bagi warga Tangsel," papar Airin. (Nadia/Humas)