Dispora persiapkan calon Paskibraka 2017


SERPONG, WEB TANGSEL –Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan dipastikan akan kembali melaksanakan kegiatan perekrutan serta seleksi bagi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Target sasaran calon peserta dari kalangan pelajar di Sekolah Menengah Atas sederajat.  Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispora Kota Tangerang Selatan, Teddy Meiyadi mengatakan, ada banyak manfaat positif yang nantinya akan dapat diperoleh. Selain tugas utamanya mengibarkan serta menurunkan bendera duplikat Merah Putih.

Karakter pelajar dibentuk menjadi pribadi berjiwa pemimpin, disiplin, cinta tanah air dan peduli terhadap sesama.    "Oleh karena itu harus dipersiapkan secara matang mulai dari tahap seleksi calon-calon anggota Paskibraka,” katanya dalam acara Sosialisasi Paskibraka di Resto Sae Pisan, Kecamatan Serpong, Rabu, 8 Februari 2017.

Teddy jelaskan, para pelajar yang lolos seleksi merupakan putera-puteri terbaik. Sebab untuk bisa menjadi anggota Paskibraka diperlukan karakter pelajar yang cerdas secara pendidikan,  fisiknya prima, sehat jasmani dan rohani, religius, serta punya mental kuat.

Menurutnya, cerdas di bidang pendidikan sangat penting. Nantinya selama mengikuti kegiatan pemusatan latihan harus meninggalkan bangku sekolah untuk sementara waktu. Oleh karenanya para pelajar yang tergabung dalam kelompok Paskibraka mesti bisa belajar mandiri.    “Karena nantinya mereka pada saat latihan baris-berbariS untuk upacara Agustus akan meninggalkan sekolahnya dalam waktu cukup lama. Jika tidak cerdas maka mereka bisa tertinggal, bahkan tidak naik kelas,” jelas Teddy    Makanya wajar bila proses rekrutmen dan seleksi harus dipersiapkan secara matang.

Paskibraka dalam mengemban misi tugasnya pantang melakukan kesalahan. “Sebab (pengibaran bendera-red) ini akan disaksikan oleh presiden, gubernur, bupati maupun walikota,” Teddy menambahkan..