127 Peserta Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Arsip



SERPONG- WEB TANGSEL Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sosialisasi peraturan Walikota tentang tata cara laporan arsip bagi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, kasubag tata usaha OPD, UPT Puskesmas, Laboraturium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Sekretaris Kelurahan se- Kota Tangsel. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 127 peserta. Berlokasi di Serpong pada Selasa, (16/5/2017).

Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel Nasrul Fuad mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta agar mampu mengelola kearsipan secara efektif dan efisien dalam lingkungan OPD masing-masing.

“Meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga arsip sebagai sumber informasi dapat memberikan kontribusi terhadap terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja para kasubag umum, kepegawaian dan lainnya, sehingga dapat mengatur dan mengelola arsip dengan baik untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan peningkatan layanan ke masyarakat.

Para peserta ini diberikan bimbingan teknis berupa tentang petunjuk teknis kearsipan daerah, kajian hukum perwal Nomor 24 tahun 2016, tentang tata cara pelaporan arsip, dan tata cara pelaporannya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel Dadang Raharja menjelaskan, petugas perpustakaan dan kearsipan ini harus memiliki wawasan yang baik tentang arsip.

Kata Dadang, arsip merupakan aset penting dalam pengadaan pemerintahan, karena arsip ini merupakan bukti bahwa aktifitas pemerintahan berjalan dengan baik. Selain itu, arsip dapat mempermudah mencari bukti tertulis jika terjadi masalah.

“Pengklasifikasian arsip harus dipahami sehingga mudah dicari jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan penataan arsip dengan beberapa aksi seperti pemberdayaan fungsional arsiparis di lingkungan Pemkot Tangsel.