SJ TheDaily - шаблон joomla Форекс

Dinas Kesehatan

24 November 2015
Author :  

I. Umum

Nama SKPD                         : Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (DinKes)
Alamat                                : Jl. Witana Harja No. 27 Pamulang Tangerang Selatan
No. Telp                               : (021) 7441557 Fax. 7441236
Alamat Website                   : dinkes.tangerangselatankota.go.id
Email                                    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

II. Visi Misi


VISI
“ Terwujudnya Pelayanan Dasar Kesehatan Masyarakat Yang Berkualitas, Modern Dan Terjangkau Bagi Masyarakat Kota Tangerang Selatan “

MISI
1.Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Yang Merata, Berkualitas Dan Terjangkau Bagi Masyarakat
2.Mengembangkan Sumberdaya Kesehatan Yang Profesional Dan Berkesinambungan
3.Mendorong Kemandirian Masyarakat Melalui Peningkatan Pemberdayaan Kesehatan Individu, Keluarga, Masyarakat Beserta Lingkungannya
4.Mempererat Kemitraan Dengan Seluruh Pelaku Dibidang Kesehatan


III. Organisasi

 

IV. Tugas Pokok & Kegiatan Rutin

Kepala SKPD
(DINAS KESEHATAN KOTA TANGERANG SELATAN) Mempunyai Tugas Pokok
Memimpin, merencanakan, membina,mengkordinasikan, mengawasi, mengendalikan, dan mngevaluasi pelaksanaan kebijakan daerah di Bidang Kesehatan. Memfunyai Fungsi :
1. perencanaan program-program kesehatan dengan pendekatan peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventf), pengobatan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif);
2. pembinaan manajemen Kesehatan daerah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kebijakan kesehatan;
3. pembinaan, Pengawasan operasional dan Pengendalian atas pengelolaan pelayanan kesehatan pada fasilitas-fasilitas kesehatan baik pemerintah maupun swasta serta fasilitas non kesehatan yang mempunyai pengaruh kepada kesehatan masyarakat;
4. pengupayaan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan;
5. perencanaan dan pembinaan pelayanan kesehatan keluarga, pelayanan medis KB dan gizi masyarakat;
6. perencanaan, pembinaan, pelaksanaan, pengamatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit dan penanganan Kejadian Luar Biasa bidang kesehatan;
7. perencanaan, pembinaan, dan pelaksanaan Upaya Kesehatan lingkungan dan pemantauan dampak pembangunan terhadap kesehatan lingkungan;
8. perencanaan dan pengadaan obat untuk Puskesmas dan jaringannya serta pengawasan sarana dan sediaan farmasi di sarana pelayanan swasta;
9. pengawasan makanan dan minuman yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan masyarakat dari proses produksi sampai dengan peredarannya;
10. pembinaan, pengawasan dan pengendalian sarana pelayanan kesehatan dasar dan rujukan baik pemerintah maupun swasta;
11. penyusunan, pelaksanaan dan pengembangan sistem kesehatan Daerah;
12. pengembangan sistem pembiayaan kesehatan melalui Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat dan atau sistem lain;
13. pembinaan dan pengawasan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;
14. perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin;
15. penanggulangan masalah kedaruratan dan bencana;
16. perencanaan Penyelenggaraan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Daerah;
17. perencanaan, Pengembangan dan pendayagunaan sumber daya kesehatan;
Rincian Tugas Kepala Dinas Kesehatan adalah :
1. Mentapkan Kebijakan strategis serta teknis dalam penyelenggaraan di Bidang Kesehatan.
2. Menetapkan Rencana program, kegiatan dan anggaran tahunan.
3. Mejalin Koordinasi dan kerja sama dengan pihak yang terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas pokok.
4. Menjalin komunikasi dan koordinasi antara unit guna menciptakan integritas, sinkronisasi, Sinergi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas pokok.
5. Membina Pengawasan melekat, mengembangkan, memotifasi dalam upaya Meningkatkan Kinerja dan Produktifitas Kerja.
6. Membina da menegakkan hukuman disiplin secara berjenjang sesuai dengan kewenangannya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan pada urusan umum, kepegawaian, keuangan serta program, evaluasi dan pelaporan. 1. perencanaan dan pengelolaan bahan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan umum dan keuangan serta monitoring dan evaluasi;
2. pelaksanaan pemberian fasilitas dan dukungan pelayanan teknis administrasi dilingkungan dinas;
3. pelaksanaan penyusunan program kegiatan bidang, umum keuangan serta monitoring dan evaluasi dinas;
4. pelaksanaan pengelolaan tata naskah dinas, surat menyurat, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga dan pemeliharaan sarana dan prasarana dinas;
5. pelaksanaan tertib administrasi pengelolaan inventarisasi barang, pemeliharaan sarana dan prasarana, perlengkapan dan aset dinas;
6. pelaksanaan pengelolaan administrasi dan penatausahaan keuangan;
7. pelaksanaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana di lingkup dinas;
8. pelaksanaan koordinasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait kegiatan dinas;
9. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan dinas;
10. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai bidang tugasnya;

Sub bag Umum dan Kepegawaian Merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan surat menyurat, kearsipan, urusan rumah tangga perlengkapan, pengelolaan administrasi dan kepegawaian 1. perencanaan persiapan bahan pelaksanaan kegiatan tata usaha, aset, perlengkapan dilingkungan dinas;
2. pelaksanaan pengelolaan kegiatan surat menyurat yang meliputi pengetikan, penggandaan, pengiriman dan pengarsipan;
3. pelaksanaan pengurusan administrasi perjalanan dinas;
4. pelaksanaan inventarisasi, penyediaan, pendistribusian dan pemeliharaan barang-barang inventaris kantor;
5. pelaksanaan konsultasi, penyiapan bahan pedoman dan analisis formasi terkait sub bagian umum dan kepegawaian;
6. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
7. pelaksanan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Rincian Tugas :
1. Pengelola Kepegawaian;
a. Pengelola Jafung dan Kenaikan Pangkat
b. Pengelola Kenaikan Gaji Berkala
c. Pengelola Tenaga PTT/TKK
d. Pengelola Karpeg, Karsu dan Karis
e. Pengelola Pembalasan Surat Masuk
1. Pengadministrasian Absensi;
2. Pengadministrasian Umum;
3. Pemegang/Pengurus Barang;
4. Pengurus Kerumahtanggaan;
5. Pengurus Peralatan dan Perlengkapan Kantor;
6. Penganggendaan Surat;
7. Operator Komputer;
8. Pramu Kantor
10. Pengemudi;
11. Petugas Kebersihan;
12. Petugas Keamanan;
Kasubbag Keuangan merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan penyusunan rencana anggaran dan belanja dinas, 1. perencanaan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penyusunan anggaran, pencairan, pembukuan dan pelaporan pertanggungjawaban anggaran;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSub Bagian Keuangan ;
3. pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penyusunan, anggaran, pencairan, pembukuan dan pelaporan pertanggungjawaban anggaran;
4. pelaksanaan usulan perbaikan dan perubahan anggaran kegiatan dinas;
5. pelaksanaan penyusunan laporan neraca keuangan;
6. pelaksanaan koordinasi dengan instansi/lembaga lain terkait dengan kegiatan sub bagian keuangan;
7. pelaksanaan moniotoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan sub bagian keuangan;
8. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
9. pelaksanaanpembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta pengurusan keuangan dinas.
10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Rincian Tugas :
1, Bendahara Pengeluaran.
2, Bendahara Gaji.
3, Penyusun SPP/SPM
4, Veripikator Keuangan
5, Pencatatan Pembukuan
6, Penyusunan Bahan Pelaporan Akuntansi
7, Penatausahaan laporan Keuangan
8, Operator Komputer
9, Bendahara Penerimaan
10, Pembantu Bendahara Penerimaan
11, Pembantu Bendahara Pengeluaran
12, Bendahara Pengeluaran Pembantu
13, Bendahara Penerimaan Pembantu
Sub Bag Program, Evaluasi dan Pelaporan merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan program, evaluasi dan pelaporan. 1. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan kebijakan Dinas;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan ;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan data Dinas;
4. pelaksanaan penyusunan pedoman dan program kerja Dinas;
5. pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan Dinas;
6. pelaksanaan konsultasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait Program, monitoring dan evaluasi Dinas ;
7. pelaksanaan program, evaluasi serta pelaporan kegiatan Dinas ;
8. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Rincian Tugas:
1, Pengadministrasian dan Pengelola Data;
2, Penyusun Bahan Rencana;
3. Penyusun Bahan Evaluasi Rencana dan
Program;
4, Pengumpul dan Pengelola Bahan Bahan
Evaluasi dan Laporan;
5, Pengadministrasian Umum;
6, Penghimpun dan Pengelola LAKIP/LPPD/
LKPJ;
7, Operator Komputer;
Bidang Pelayanan Kesehatan merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan program pelayanan kesehatan 1. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanBidang Pelayanan Kesehatan;
2. perencanaan program pelayanan kesehatan masyarakat miskin, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, masalah kesehatan, kedaruratan dan bencana, pembinaan dan pengawasan sediaan farmasi, pengawasan pangan dari proses produksi sampai pereOperdarannya, kebutuhan alat kesehatan untuk puskesmas dan jaringannya serta pengawasan dan pengendalian kesehatan;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data pelayanan kesehatan masyarakat miskin, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, masalah kesehatan, kedaruratan dan bencana, pembinaan dan pengawasan sediaan farmasi pengawasan pangan dari proses produksi sampai peredarannya, kebutuhan alat kesehatan untuk puskesmas dan jaringannya serta pengawasan dan pengendalian kesehatan;
4. pelaksanaan program pelayanan kesehatan masyarakat miskin, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, masalah kesehatan, kedaruratan dan bencana, pembinaan dan pengawasan sediaan farmasi pengawasan pangan dari proses produksi sampai peredarannya, kebutuhan alat kesehatan untuk puskesmas dan jaringannya serta pengawasan dan pengendalian kesehatan;
5. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait pelayanan kesehatan masyarakat miskin, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, masalah kesehatan, kedaruratan dan bencana, pembinaan dan pengawasan sediaan farmasi pengawasan pangan dari proses produksi sampai peredarannya, kebutuhan alat kesehatan untuk puskesmas dan jaringannya serta pengawasan dan pengendalian kesehatan;
6. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan program;
7. pemberian rekomendasi bagi Industri Kecil Obat Tradisional dan Alat Kesehatan;
8. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang
9. mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
10. pemberian ijin pada sarana pelayanan kesehatan;
11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya
Rincian Tugas;
1, Pengolah Data (laporan Bulanan Puskesmas)
2. Operator Computer
3, Administrasi
4, Proses Perizinan
a, perizinan sarana Kesehatan,
b, perizinan Rumah Sakit
c, Perizinan Tenaga Kesehatan
d. Perizinan Pengobatan Tradisional

Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Batra
melaksanakan pemberian perijinan, pengawasan, pembinaan keadan pengobat tradisional, merencanaan, melaksanaan program kesehatan gigi dan mulut, kesehatan jiwa, indera dan olah raga . Serta pengumpulan data, pengolahan data, pelaksanaan dan peningkatan mutu pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja

1. pemberian tanda terdaftar dan izin untuk pengobat tradisional serta pengawasan dan pembinaannya;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Batra;
3. pengumpulan, pengolahan data kesehatan keselamatan Kerja perusahaan;
4. pengkoordinasian dan kerjasama dengan dinas terkait lainnya dalam penataan keselamatan Kerja perusahaan yang memenuhi syarat keselamatan dan kesehatan kerjadan Kesehatan Olahraga
5. penyiapan bahan petunjuk teknis pembinaan keselamatan dan kesehatan di Lingkungan Kerja perusahaan;
6. pembinaan dan bimbingan teknis keselamatan dan kesehatan Kerja perusahaan;
7. perencanaan program pengobatan pencegahan penanggulangan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, kesehatan indera dan olah raga
8. pelaksanaan, pengumpulan, pengolahan, penganalisian data program pengobatan dan pencegahan gigi dan mulut, kesehatan jiwa, dan kesehatan indera dan olah raga
9. pelaksanaan koordinasi dengan instansi atau lembaga lainnya terkait pembinaan dan bimbingan teknis program pengobatan, dan pencegahan penyakit gigi dan mulut kesehatan jiwa, dan kesehatan indera dan olah raga;
10. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
11. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan tugasnya.
Rincian Tugas;
1, Operator Computer
2, Pengadministrasian Data,
3, Pemegang Program
A, Kesehatan Indra,
B, Kesehatan Jiwa
C, Kesehatan Kerja
4, Pemegang Program Kesehatan
A, Olah Raga.
B, Gigi dan Mulut
C, BATRA.


Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan pelayanan kesehatan dasar

1. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerjadan anggaran tahunanSeksi Pelayanan Kesehatan Dasar;
2. perencanaan program pengobatan, pencegahan dan penaggulangan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, program kesehatan kerja, program kesehatan indera dan laboratorium di puskesmas dan jaringannya, pengadaan alat kesehatan, pelayanan kesehatan masyarakat miskin, pengawasan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit milik Pemerintah dan swasta, penanggulangan masalah kesehatan kedaruratan dan bencana;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data program pengobatan dan pencegahan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, program kesehatan kerja, program kesehatan indera dan laboratorium di puskesmas dan jaringannya, pengadaan alat kesehatan, pelayanan kesehatan masyarakat miskin, pengawasan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit milik Pemerintah dan swasta, penanggulangan masalah kesehatan kedaruratan dan bencana;
4. pelaksanaan program pengobatan dan pencegahan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, program kesehatan kerja, program kesehatan indera dan laboratorium di puskesmas dan jaringannya, pengadaan alat kesehatan, pelayanan kesehatan masyarakat miskin, pengawasan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit milik Pemerintah dan swasta, penanggulangan masalah kesehatan kedaruratan dan bencana;
5. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait Pembinaan dan bimbingan teknis program pengobatan, pencegahan dan pencegahan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, program kesehatan kerja, program kesehatan indera dan laboratorium di puskesmas dan jaringannya, pengadaan alat kesehatan, pelayanan kesehatan masyarakat miskin, pengawasan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit milik Pemerintah dan swasta, penanggulangan masalah kesehatan kedaruratan dan bencana;
6. penilaian kinerja puskesmas
7. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
8. pemberian tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
9. farmasi mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi
10. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
11. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
12. pelaksanaan tugas lain yang diberika Atasan sesuai dengan bidang tugasnya Rincian Tugas;
a, Pengelola Perizinan Tenaga Kesehatan
b, Pengelola Laporan Data Puskesmas
c, Administrasi
d, Koordinasi Pelayanan Kesehatan (BAKSOS)

Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Bina Institusi Kesehatan
melaksanakan pemberian perijinan, pengawasan, pembinaan sarana pelayanan kesehatan swasta dan sarana kefarmasian swasta, serta memfasilitasi persiapan akreditasi sarana pelayanan Kesehatan swasta. Melaksanakan perecanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu dan miskin 1. pemberian tanda terdaftar dan izin untuk pengobat tradisional serta pengawasan dan pembinaannya;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Batra;
3. pengumpulan, pengolahan data kesehatan keselamatan Kerja perusahaan;
4. pengkoordinasian dan kerjasama dengan dinas terkait lainnya dalam penataan keselamatan Kerja perusahaan yang memenuhi syarat keselamatan dan kesehatan kerjadan Kesehatan Olahraga
5. penyiapan bahan petunjuk teknis pembinaan keselamatan dan kesehatan di Lingkungan Kerja perusahaan;
6. pembinaan dan bimbingan teknis keselamatan dan kesehatan Kerja perusahaan;
7. perencanaan program pengobatan pencegahan penanggulangan penyakit gigi dan mulut, peningkatan mutu pelayanan, program kesehatan jiwa, kesehatan indera dan olah raga
8. pelaksanaan, pengumpulan, pengolahan, penganalisian data program pengobatan dan pencegahan gigi dan mulut, kesehatan jiwa, dan kesehatan indera dan olah raga
9. pelaksanaan koordinasi dengan instansi atau lembaga lainnya terkait pembinaan dan bimbingan teknis program pengobatan, dan pencegahan penyakit gigi dan mulut kesehatan jiwa, dan kesehatan indera dan olah raga;
10. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
11. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan tugasnya.
Rincian Tugas;
1, Perizinan Sarana dan Rumah Sakit
2, Pelayanan Jamkesmas
3, Pelayanan Jamkesda
4, Pengadministrasian Data
Bidang Pencegahan Penyakit Dan Kesehatan Lingkungan
membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pembinaan, koordinasi dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan dan makanan minuman, surveilans epidemiologi dan imunisasi 1. penyusunan rencana program dan kegiatan penyehatan lingkungan dan makanan minuman, pengendalian penyakit,surveilans epidemiologi dan imunisasi;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanBidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data program penyehatan lingkungan dan makanan minuman, pengendalian penyakit, surveilans epidemiologi dan imunisasi;
4. pelaksanaan kegiatan program penyehatan lingkungan dan makanan minuman,pengendalian penyakit, surveilans epidemiologi dan imunisasi;
5. pelaksanaan koordiansi dengan instansi / lembaga lainnya terkait program penyehatan lingkungan dan makanan minuman, pengendalian pengamatan penyakit, pencegahan penyakit, pemberantasan dan pengendalian penyakit bersumber pada binatang (P2B2) dan penyakit menular langsung (P2ML) serta penyakit tidak menular, imunisasi dan Surveilan Epidemiologi dan KLB;
6. pengorganisasian dalam kegiatan Program Kesehatan Haji.
7. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
8. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan.
9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan tugasnya.

Seksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman
membantu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam perencanaan, koordinasi, bimbingan, pengendalian dan bantuan dalam kegiatan penyehatan lingkungan dan makanan minuman. 1. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerjadan anggaran tahunanSeksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan;
3. melaksanakan penyiapan bahan pedoman pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan dan makanan minuman;
4. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan teknis operasional penyehatan lingkungan dan makanan minuman;
5. melaksanakan pembinaan dan pengawasan perijinan hygiene dan sanitasi makanan minuman di Tempat Pengolahan Makanan (TPM) dan Tempat-tempat umum (TTU);
6. melaksanakan pembinaan dan pengawasan perijinan usaha pest control;
7. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi sarana dan prasarana sanitasi dasar di lingkungan pemukiman dan tempat-tempat umum (TTU);
8. pelaksanaan koordiansi dengan instansi / lembaga lainnya terkait dalam upaya penyehatan lingkungan;
9. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
10. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya
Rincian Tugas;
1, Tenaga Sanitasi Lingkungan
2, Tenaga Sanitasi Makanan
3, Tenaga Sanitasi Minuman
Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular
merecanakan, melaksanakan kegiatan, pembinaan dan koordinasi seluruh kegiatan pengendalian penyakit menular dan Penyakit Tidak Menular (PTM). 1. perencanaan dan penyusunan program kegiatan Pengendalian Penyakit Menular dan PTM diwilayah kerja Kota tangerang Selatan
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular;
3. pembinaan pada Puskesmas,Balai Pengobatan,Rumah Bersalin dan Rumah Sakit yang ada diwilayah Kota Tangerang Selatan dalam upaya pemberantasan dan pengendalian penyakit.
4. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data bahan pembinaan Pengendalian Penyakit Menular dan PTM pada Puskesmas, Balai Pengobatan dan Rumah Sakit;
5. pelaksanaan koordiansi dengan instansi / lembaga lainnya terkait pembinaan Pengendalian Penyakit Menular dan PTM pada Balai Pengobatan dan Rumah Sakit;
6. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
7. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
Rincian Tugas;
1, Administrasi Data
2, Pemegang Program TB
3, Pemegang Program Filariasis
4, Pemegang Program DBD dan Malaria
5, Pemegang Program Ispa Diare
6, Pemegang Program PTM
7, Pemegang Program HIV Aids
8, Pemegang Program PBB (Penyakit dari
Binatang)
9, Pemegang Program Kusta
Seksi Surveilans dan Imunisasi
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan Seksi Surveilans dan Imunisasi serta pengawasan penyakit dan penanganan KLB. 1. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan pengamatan penyakit menular, penyakit tidak menular, penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) penyakit, surveilans epidemiologi, kesehatan matra dan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) dan imunisasi;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Surveilans dan Imunisasi;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data pengamatan penyakit menular, penyakit tidak menular, penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) penyakit, surveilans epidemiologi, kesehatan matra dan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) dan data Pelaksanaan imunisasi disemua UPK (Unit Pelayanan Kesehatan);
4. pelaksanaan kegiatan pengamatan penyakit menular, penyakit tidak menular, penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) penyakit, surveilans epidemiologi, kesehatan matra dan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) ;
5. pelaksanaan koordiansi dengan instansi / lembaga lainnya terkait pengamatan penyakit menular, penyakit tidak menular, penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) penyakit, surveilans epidemiologi, kesehatan matra dan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) dan masalah imunisasi;
6. melaksanakan penyiapan bahan fasilitasi penyelenggaraan kegiatan imunisasi di Kota dan puskesmas.
7. melaksanakan kegiatan kesehatan Haji dengan lintas sektor terkait;
8. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
9. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya
Rincian Tugas;
1, Administrasi Data,
2, Pemegang Program Surfailance
3, Survailance Lapangan
4, Analisis Data
5, Pemegang Program Imunisasi
6, Pemegang Paksin
7, Penanggulangan KLB
Bidang Kesehatan Keluarga
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan dibidang Kesehatan Keluarga 1. penyusunan dan perumusan kebijakan teknis dalam program kesehatan keluarga ;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunan Bidang Kesehatan Keluarga ;
3. koordinasi lintas program dan lintas sektor ;
4. perencanaan kegiatan program kesehatan keluarga ;
5. pengendalian kegiatan program kesehatan keluarga ;
6. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
7. monitoring dan evaluasi hasil kegiatan program kesehatan keluarga ; dan
8. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya..


Seksi Gizi
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan peningkatan gizi masyarakat 1. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan kebutuhan dan penyiapan bahan untuk peningkatan status gizi masyarakat, peningkatan gizi masyarakat;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Gizi ;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data kebutuhan dan penyiapan bahan untuk peningkatan status gizi masyarakat, peningkatan gizi masyarakat;
4. pelaksanaan kegiatan kebutuhan dan penyiapan bahan untuk peningkatan status gizi masyarakat, peningkatan gizi masyarakat;
5. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait kebutuhan dan penyiapan bahan untuk peningkatan status gizi masyarakat, peningkatan gizi masyarakat;
6. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
7. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
Rincian Tugas;
1, Administrasi Data
2, Pemegang Program Gizi
Seksi Kesehatan Ibu dan Anak
merencanakan, melaksanakan pembinaan dan koordinasi serta pengawasan dan pengendalian kegiatan kesehatan Ibu, Anak dan pelayanan medis Keluarga Berencana. 1. pengumpulan bahan pembinaan, pengaturan dan monitoring kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunan Seksi KIA;
3. penyelenggaraan usaha kesehatan dan pelayanan kesehatan ibu anak serta keluarga berencana;
4. pengumpulan bahan dan penyebarluasan informasi mengenai penyelenggaraan usaha pelaksanaan dan pembinaan kesehatan ibu dan anak melalui rumah sakit, puskesmas, puskesmas pembantu dan polides.
5. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan usaha kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak, wanita usiasubur dan pelayanan medis keluarga berencana;
6. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan datausaha kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak, wanita usia subur dan pelayanan medis keluarga berencana;
7. pelaksanaan kegiatan usaha kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak, wanita usia subur dan pelayanan medis keluarga berencana;
8. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait usaha kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak, wanita usia subur dan pelayanan medis keluarga berencana;
9. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya
11. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana guna kelancaran pelaksanaan tugas;
12. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
13. memberikan bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis di bidang tugas kepada bawahan
Rincian Tugas;
1, Operator Computer
2, Pemegang Program Ibu
3, Pemegang Program Anak
4, Pemegang Program KB
5, Pengadministrasian Data
6, Distribusi data, obat
Seksi Remaja dan Lansia
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikandi bidang remaja dan Lansia; 1. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang pengembangan kesehatan remaja dan usia lanjut guna kelancaran pelaksanaan tugas;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Remaja dan Lansia ;
3. memberikan bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis di bidang tugas kepada bawahan;
4. menyiapkan bahan penyusunan kegiatan program kesehatan remaja dan usia lanjut;
5. menyiapkan bahan materi dalam rangka bimbingan kegiatan peningkatan kesehatan remaja dan usia lanjut;
6. mengkoordinir pemantauan status kesehatan remaja dan kesehatan usia lanjut di masyarakat;
7. menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan dan pengobatan terhadap masyarakat usila di puskesmas dan jaringannya;
8. menyusun jadwal kegiatan monitoring dan evaluasi, pembinaan teknis dan manajemen, serta pelatihan-pelatihan program peningkatan kesehatan remaja dan usia lanjut di puskesmas dan masyarakat;
9. melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi, pembinaan teknis dan manajemen, serta pelatihan-pelatihan program peningkatan kesehatan remaja dan usia lanjut;
10. mengumpulkan, mengelola dan menyajikan serta visualisasi data kegiatan program peningkatan kesehatan remaja dan usia lanjut;
11. pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan hasil kegiatan peningkatan kesehatan remaja dan usia lanjut;
12. memberikan saran dan pertimbangan di bidang kesehatan remaja dan usia lanjut kepada Atasan ;
13. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
14. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan Atasan .
Rincian Tugas;
1, Administrasi Data
2, Pemegang Program Lansia.
3, Pemegang Program Remaja
Bidang Promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikanserta evaluasi program bidang promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan. 1. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanBidang Promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan ;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan, Bina peran serta masyarakat serta kemitraan, melaksanakan pengembangan sistem informasi kesehatan;
4. pelaksanaan kegiatan Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi program anti rokok dan napza dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;
5. pengembangan, dan Pembinan UKS, SBH dan dokter kecil;
6. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
7. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan data peningatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
8. pelaksanaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
9. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
10. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait program pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan, Bina peran serta masyarakat serta kemitraan, melaksanakan pemanfaatan sarana penyuluhan kesehatan;
11. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
12. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;

Seksi Sumber Daya Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan
merencanakan, melaksanakan pembinaan dan kordinasi serta pengawasan dan pengendalian kegiatan pengembangan sumber daya kesehatan. 1. perencanaan pengadaan, penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Sarana dan Prasarana ;
3. pelaksanaan koordinasi dalam pengadaan dan pengelolaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
4. pelaksanaan koordinasi dalam pendistribusian sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
5. pelaksanaan penyimpanan dan penggunaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
6. pelaksanaan pelatihan teknis sarana dan prasarana
7. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
8. pelaksanaan koordinasi dalam menginventarisir sarana dan prasarana;
9. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;


Rincian Tugas;
1, Pengelolaan Data Kesehatan
A, Data Kesehatan Puskesmas, Swasta & Negeri
B, Data Penyakit
C, Data Program
2, Manajemen SDK
A, Pengel ola Beasiswa
B, Pengelola Angka Kredit
Seksi Sarana dan Prasarana
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikanserta pengelolaan sarana dan prasarana 1. perencanaan pengadaan, penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Sarana dan Prasarana ;
3. pelaksanaan koordinasi dalam pengadaan dan pengelolaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
4. pelaksanaan koordinasi dalam pendistribusian sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
5. pelaksanaan penyimpanan dan penggunaan sarana dan prasarana (alat-alat kesehatan, mebeleur, gedung, dan mesin, kendaraan)
6. pelaksanaan pelatihan teknis sarana dan prasarana
7. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
8. pelaksanaan koordinasi dalam menginventarisir sarana dan prasarana;
9. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
Rincian Tugas;
1, Tehnik Sipil,
2, Operator Computer, IT
3, Penerima Barang,
4, Pengadaan Barang,
5, Pengolah Data / Pengadministrasian
6, Pengelola Inventarisisr Barang
Seksi Promkes dan Kesehatan Institusi
merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikanserta evaluasi program bidang promosi kesehatan dan kesehatan institusi.
1. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan;
2. penyelenggaraan penyusunan rencana kerja,kinerja,dan anggaran tahunanSeksi Promkes dan Kesehatan Institusi;
3. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisian data Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan, Bina peran serta masyarakat serta kemitraan, melaksanakan pengembangan sistem informasi kesehatan;
4. pelaksanaan kegiatan Program Pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi program anti rokok dan napza dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;
5. pengembangan, dan Pembinan UKS, SBH dan dokter kecil;
6. perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
7. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan data peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
8. pelaksanaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
9. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait peningkatan derajat kesehatan pekerja sektor informal dan peran serta masyarakat melalui upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dan peningkatan kemitraan menuju perilaku hidup bersih dan sehat;
10. pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lainnya terkait program pengembangan Metode dan Penyebarluasan Informasi Kesehatan, Bina peran serta masyarakat serta kemitraan, melaksanakan pemanfaatan sarana penyuluhan kesehatan;
11. pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan;
12. pembinaan dan memfasilitasi proses hukuman disiplin kepada bawahannya (secara berjenjang) yang pelaksanaan pelanggaran disiplin dengan berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai negeri;
13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
Rincian Tugas;
1, Administrasi Data
2, Operator Computer
3, Pemegang Program SIKK
4, Pemegang Program UKS
5, Pembina Kader
6, IT.

 

 

Mang_Te'i Quote

Sabar itu akan diraih ketika mendapati keadaan sulit, sakit, dipermalukan, dilecehkan, dan yang sejenisnya. Orang yang tidak menemui kondisi yang tidak diharapkan itu, tidak akan mendapati anugrah kebersamaan dengan Tuhannya, karena Tuhan beserta orang yang sabar. Lalu... haruskah mencari ketidaknyamanan dalam hidup ini ? Tidak juga, karena Tuhan menciptakan kesenangan agar hambanya dapat merasakan ni'matnya bersyukur. 

Pengunjung Tangsel

4.png6.png0.png2.png9.png8.png
Hari Ini251
Kemarin1275

Wednesday, 18 January 2017 04:18
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree