SJ TheDaily - шаблон joomla Форекс

Kecamatan Pondok Aren

02 November 2015
Author :  

I. Umum

 

Nama SKPD                   : kecamatan pondok aren

Alamat                           : Jl. Graha Raya No. 1 Bintaro Ciputat Timur Tangerang Selatan

No. Telp                         : (021) 73458185

Alamat website              : -

Alamat e-mail               : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


FOTO KANTOR

 

 



II. Visi Misi

Visi

“ Terwujudnya tata pemerintahan yang baik serta masyarakat beriman, maju dan mandiri yang berwawasan lingkungan “

Misi

1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Serta Pelayanan yang Profesional.

2. Menciptakan Iklim Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan.

3. Mewujudkan Normalisasi Kerukunan Antar Umat Beragama.

4. Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan.

5. Aktualisasi Pemberdayaan Potensi Kelurahan.

6. Mewujudkan masyarakat yang Tentram, Tertib dan Aman di Wilayah Kecamatan Pondok Aren.

 


III. Organisasi

 

 

 


 

IV. Tugas Pokok & Kegiatan Rutin

Tugas dan Fungsi Kecamatan melekat pada tugas dan fungsi Camat sebagai Kepala SKPD Kecamatan, sebagaimana tercantum pada Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 33 tahun 2009 dengan rincian tugas, fungsi dan tata kerja Kecamatan dilingkungan pemerinta Kota tangerang selatan, disebutkan pada pasal 3 ayat 1 dan 2 bahwa tugas dan fungsi Camat sebagai berikut :

 

1. Camat

Camat mempunyai tugas memimpin, mengatur, mengawasi, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan Kecamatan sesuai dengan pelimpahan sebagian tugas umum, mengembangkan ekonomi dan usaha daerah serta tugas lain yang dilimpahkan kepada Kecamatan. Uraian Tugas Jabatan Camat, meliputi :

a. Menyusun rencana kerja Kecamatan ;

b. Mempelajari naskah petunjuk teknis pelaksanaan tugas Kecamatan;

c. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan bawahan ;

d. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya meningkatkan produktifitas kerja ;

e. Mengevaluasi, memeriksa dan menyempurnakan hasil kerja bawahan ;

f. Mengkoordinasikan, mengendalikan, mengarahkan dan memantau kegiatan bawahan ;

g. Mengkaji bahan kebijakan walikota atas tugas yang dilimpahkan kepada Kecamatan ;

h. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan pengendalian operasional sesuai dengan tugas yang dilimpahkan kepada Kecamatan ;

i. Menyelenggarakan pembinaan dan bimbingan teknis baik tingkat Kelurahan ;

j. Merumuskan program kerja dan rencana anggaran tahunan kecamatan ;

k. Memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan pelimpahan dan kewenangannya ;

l. Melaksanakan kegiatan pengelolaan, pemeliharaan, pengembangan ekonomi dan usaha daerah dan urusan-urusan lain sesuai dengan pelimpahan dan kewenangannya ;

m. Memproses bahan perijinan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku ;

n. Memberikan dan menandatangani berkas permohonan perijinan sesuai dengan pelimpahan dan kewenangannya ;

o. Melaksanakan tugas urusan pemerintahan lainnya yang sudah dilimpahkan kepada Kecamatan

p. Mengevaluasi, memeriksa dan menyempurnakan hasil kerja bawahan ;

q. Mengkoreksi hasil pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan tugasnya masing-masing ;

r. Menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya ;

s. Melaksanakan konsultasi kegiatan dengan pejabat lain dalam urusan pemerintahan ;

t. Menilai dan menandatangani DP 3 bawahan ;

u.Melaksanakan tugas lain atas perintah pimpinan untuk mewakili tugas-tugas strategi yang bersifat kebijakan serta melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai

dengan bidang tugasnya ;

v. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

 

2. Sekretaris Kecamatan

Mempunyai tugas melakukan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh kesatuan organisasi Pemerintah Kecamatan. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut Sekretaris Kecamatan mempunyai fungsi :

a. Pengkoordinasian kegiatan kesekretariatan untuk memfasilitasi kelancaran tugas kecamatan.

b. Pelaksanaan dan penjabaran peraturan perundang-undangan sesuai ketentuan yang berlaku.

c. Pelaksanaan dan perumusan Rencana Stratejik.

d. Pelaksanaan pelayanan administrsi keluar dan di dalam organisasi.

e. Pelaksanaan fasilitasi kelancaran tugas dan urusan kecamatan berdasarkan azas keseimbangan.

f. Pengelolaan urusan rumah tangga dinas, perlengkapan, surat menyurat dan protokoler.

g. Pengelolaan administrasi Keuangan.

h. Pengelolaan administrasi dan tatalaksana.

i. Pengelolaan hukum dan peraturan perundangan yang berlaku berlaku bagi kepentingan kecamatan.

j. Penyusunan program dan anggaran pembangunan kecamatan.

 

Sekretaris Kecamatan dibantu oleh 3 Kepala Sub Bagian yang bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan yaitu :

1. Kasubag Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas melaksanakan urusan umum dan rumah tangga, perlengkapan, inventarisasi barang, kepegawaian dan kearsipan.
2. Kasubag Keuangan, mempunyai tugas menyusun anggaran dan pembiayaan kantor.
3. Kasubag Program Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas melaksanakan tugas urusan perencanaan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan kantor.

1. Tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :
a. Menyusun dan memelihara data administrasi kepegawaian serta data kegiatan yang berhubungan dengan kepegawaian ;
b. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai, mutasi pegawai serta pengelolaan adminstrasi kepegawaian ;
c. Melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan , kegiatan pemberian informasi dan hubungan masyarakat serta menyiapkan bahan pelaksanaan pelayanan publik ;
d. Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan pengelolaan barang milik kecamatan serta mengurus pemeliharaan kebersihan dan keamanan kantor ;
e. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Tugas Sub Bagian Keuangan :
a. Menghimpun dan menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) ;
b. Melakukan pengelolaan keuangan anggaran kecamatan ;
c. Mengurus pembayaran gaji, keuangan, perjalanan dinas dan keuangan lainnya ;
d. Menyusun dan menyiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan;
e. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Tugas Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan:
a. Menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka menyusun program kerja, rencana kerja dan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah ;
b. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tata laksana serta penyusunan produk hukumnya c. Menyusun dan menyiapakan laporan kegiatan kecamatan ;
d.Melaksanakan koordinasi dalam rangka perencanaan program kerja dan rencana kerja kecamatan ;
e. Menyiapkan bahan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program kerja ;
f. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya

Tugas Kasi Pemerintahan :
a. Seksi pemerintahan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, pembinaan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian kegiatan di bidang pemerintahan yang meliputi pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan, Pemerintahan umum, Kependudukan dan Catatan sipil.
b. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) seksi Pemerintahan mempunyai tugas yakni :

a) Pengolahan data dan informasi kependudukan di Kecamatan ;
b) Pelaksanaan pemeriksaan adminstrasi penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Penduduk Musiman ;
c) Pelaksanaan dan Pelaporan jumlah KTP dan KK yang diterbitkan ;
d) Pelaksanaan pendataan penduduk dan pendatang serta laporan data kependudukan, kelahiran dan kematian ;
e) Pelaksanaan pembinaan adminstrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada Kelurahan ;
f) Pelaksanaan penyuluhan administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil ;
g) Pelaksanaan pelayanan operasi yustisi dan sipora ;
h) Pelaksanaan fasilitasi dalam hal pembentukan, pemecahan, penghapusan dan pengaturan Desa/Kelurahan, perubahan status Desa menjadi Kelurahan, perubahan nama dan batas wilayah Desa/Kelurahan ;
i) Pelaksanaan penyelenggaraan lomba/penilaian Kelurahan tingkat Kecamatan, kotamadya dan provinsi.
j) Pelaksanaan dan menginventarisasi tanah sengketa milik pemerintah daerah dan memfasilitasi sengketa tanah-tanah pemerintah di tingkat Kelurahan ;
k) Pelaksanaan sosialisasi dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum ;
l) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugasnya.

Tugas Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum :
a. Seksi ketentraman dan ketertiban umum mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian kegiatan di bidang ketentraman dan ketertiban umum, yang meliputi Perlindungan Masyarakat Kesatuan bangsa dan politik ;
b. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) seksi Ketentraman dan ketertiban umum mempunyai fungsi yakni :

a) Pelaksanaan perencanaan dan pengelolaan bahan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban ;
b) Pelaksanaan adminstrasi penertiban Surat Ijin Gangguan (HO) dengan intensitas gangguan rendah yang tidak menggunakan mesin ;
c) Pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta kemasyarakatan ;
d) Pelaksanaan koordinasi penanganan pemakaman gelandangan/orang tidak dikenal ;
e) Pelaksanaan penegakan dan pelaksanaan Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah serta Peraturan Perundang-undangan lainnya di wilayah kerjanya ;
f) Pelaksanaan fasilitasi pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama ;
g) Pelaksanaan penertiban dan pengamanan tanah yang telah dibebaskan ;
h) Pelaksanaan pengawasan penggunaan lahan fasos, fasum dan garis sepadan jalan ;
i) Pelaksanaan koordinasi dan pembinaan Kesatuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ;
j) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Kasi Kesejahteraan Sosial :
a. Mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data dibidang sosial dan pemberdayaan masyarakat ;
b. Menyiapkan bahan pembinaan dan pelayanan dibidang sosial, kepemudaan, peranan wanita dan olah raga ;
c. Menyiapkan bahan pembinaan kehidupan, keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat ;
d. Menyiapkan bahan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di kelurahan dan kecamatan :
e. Menyiapkan bahan dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat ;
f. Menyiapkan bahan evaluasi dan menyusun laporan dibidang sosial dan pemberdayaan masyarakat ;
g. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait, lembaga non pemerintah dan masyarakat dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
h. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan
a. Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan pembinaan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian dibidang ekonomi dan pembangunan yang meliputi Bina Marga dan Pengairan, Bangunan dan Pemukiman, Tata Ruang, kebersihan, pertamanan dan pemakaman, industry dan perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, Koperasi, usaha kecil dan menengah dan lingkungan hidup.
b. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai fungsi :
a) Pelaksanaan pengawasan tempat industry dan perdagangan ;
b) Fasilitasi pembinaan usaha industry dan perdagangan ;
c) Pelaksanaan fasilitasi pembinaan usaha perdagangan dan usaha koperasi ;
d) Pelaksanaan penerbitan SITU dan keterangan domisili untuk pangan industry rumah tangga (PIRT), toko obat, pengobatan tradisional (Battra) ;
e) Pelaksanaan fasilitasi pembuatan administrasi dalam rangka menandatangani ijin heuler (penggilingan padi) ;
f) Pelaksanaan ketahanan pangan masyarakat, pelaksanaan gerakan perlindungan tanaman pangan dan holtikultura ;
g) Pelaksanaan pendataan usaha peternakan, koordinasi pencegahan penyakit hewan menular dan pendataan populasi ternak ;
h) Pelaksanaan koordinasi pengelolaan perguliran ternak bantuan pemerintah dan koordinasi pencegahan penyakit menular ;
i) Pelaksanaan inventarisasi data jalan dan jembatan meliputi peta jalan dan jembatan, jumlah jalan dan jembatan, kondisi jalan dan jembatan serta tipe jalan Kecamatan dan Kelurahan;
j) Pelaksanaan pemeliharaan jalan jembatan serta bangunan pelengkap lainnya jalan antar penghubung desa dan kelurahan;
k) Pelaksanaan dan melaporkan kondisi jalan dan jembatan serta irigasi dilingkungan Kecamatan diluar kewenangannya kepada instansi yang berwenang ;
l) Pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan serta irigasi di wilayah Kecamatan ;
m) Pelaksanaan pendataan potensi rumah tinggal yang belum memiliki ijin dan penyuluhan IMB n) Pelaksanaan pengawasan, memantau dan mengawasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah perkebunan terlantar, tanah Negara bebas dan tanah timbul ;
o) Pelaksanaan peningkatan peran serta masyarakat dalam perencanaan tata ruang dan dalam pengawasan pemanfaatan ruang ;
p) Pelaksanaan koordinasi terkait penanganan pengangkutan sampah;
q) Pendataan dan pelaporan Taman Pemakaman Umum (TPU), umum dan khusus ;
r) Fasilitasi pengendalian dan pemeliharaan kebersihan dan melakukan penyuluhan tentang kebersihan kepada masyarakat.

Kepala seksi Pelayanan umum
a. Seksi Pelayanan umum mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan pembinaan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian di bidang pelayanan umum ;
b. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pelayanan umum mempunyai tugas :
a) Pelaksanaan rekomendasi izin pendirian opersional Yayasan Sosial, Organisasi Sosial dan panti asuhan ;
b) Pelaksanaan koordinasi dalam pemberian rekomendasi penerbitan IPR terhadap permohonan pendirian bangunan sarana ibadah dan bangunan yang berdampak luas terhadap lingkungan;
c) Koordinasi tingkat Kecamatan dengan instansi terkait ;
d) Pelaksanaan penyebarluasan hasil pengkajian tata ruang dan rencana tata ruang kepada seluruh masyarakat dan swasta ;
e) Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pemberian rekomendasi IMB untuk bangunan industri dan perumahan swasta ;
f) Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pendataan dan pelaporan PJU, rekomendasi penetapan lampu penerangan jalan umum dan taman kota ;
g) Pelaksanaan pembuatan rekomendasi izin pemasangan billboard, spanduk, poster, pamphlet dan umbul-umbul ;
h) Pelaksanaan pencegahan atas pengembalian Sumber daya alam tanpa ijin dan dapat mengganggu serta membahayakan lingkungan ;
i) Pelaksanaan surat keterangan ijin lingkungan tentang kegiatan usaha pertambangan galian C dan proses penerbitan AMDAL ;

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang tugas




VI. Foto Kegiatan

 

Mang_Te'i Quote

Sabar itu akan diraih ketika mendapati keadaan sulit, sakit, dipermalukan, dilecehkan, dan yang sejenisnya. Orang yang tidak menemui kondisi yang tidak diharapkan itu, tidak akan mendapati anugrah kebersamaan dengan Tuhannya, karena Tuhan beserta orang yang sabar. Lalu... haruskah mencari ketidaknyamanan dalam hidup ini ? Tidak juga, karena Tuhan menciptakan kesenangan agar hambanya dapat merasakan ni'matnya bersyukur. 

Pengunjung Tangsel

5.png0.png1.png1.png4.png0.png
Hari Ini509
Kemarin592

Monday, 27 February 2017 15:53
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree